Home » Research Plan

Research Plan

Fasilitas Laboratorium

Ketersediaan laboratorium merupakan kebutuhan mutlak untuk proses belajar mengajar, penelitian dan abdimas. Beberapa profil laboratorium yang ada, diantaranya sebagai berikut:

Laboratorium Kontrol

Memiliki visi memperkenalkan laboratorium di lingkungan kampus dan diluar kampus berkaitan dengan praktikum dan riset Lab melalui misi pengajaran dan pelatihan, pengembangan grup riset, perbantuan perkuliahan dan responsi.

Praktikum yang dilaksanakan:

  • Praktikum Dasar Sistem Kontrol
  • Praktikum Kontrol Digital

Sebagian dari modul praktikum kontrol digital, desain dan realisasinya dibuat oleh anggota laboratorium dan asisten praktikum.

Untuk kegiatan diakhir tahun 2015 ini akan dilaksanakan pembuatan beberapa modul praktikum DSK karena sebagian besar peralatan yang tersedia telah habis masa pakainya sehingga hasil percobaan tidak lagi akurat. Penugasan ini akan diimplementasikan dalam Tugas Akhir, dengan pembiayaan pembelian komponen yang akan diajukan ke Universitas untuk tahun anggaran 2016.

Laboratorium Elektronika

Memiliki visi menjadi salah satu Laboratorium Universitas Telkom yang Berprestasi dan Berstandar Internasional, dengan misi

  • Melaksanakan tugasnya sebagai laboratorium praktikum elektronika dengan maksimal.
  • Memberikan pelayanan dan bantuan kepada mahasiswa Universitas Telkom mengenai elektronika dengan inventaris peralatan praktikum yang memadai dan kemampuan asisten yang mumpuni.
  • Mengembangkan kemampuan asisten Laboratorium Elektronika baik dalam kemampuan elektronika maupun kemampuan lainnya.
  • Mengadakan kegiatan yang bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa Universitas Telkom.
  • Mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat.
  • Mengikuti berbagai macam lomba dalam bidang elektronika baik nasional maupun internasional

Kegiatan Riset, Praktikum dan pelatihan

Praktikum Elektronika dan Rangkaian Listrik bertujuan memperkenalkan kepada para mahasiswa peserta secara ril penggunaan  alat ukur dan instrumentasi listrik (ampermeter, voltmeter, ohm-meter, oscilloscop, function generator) dan komponen elektronika (resistor, kapasitor, induktor)

Adapun pelatihan yang telah dilaksanakan adalah pelatihan dasar Altium Designer dan Multisim untuk asisten.

 

Laboratorium Mikroprosesor dan Antarmuka

Laboratorium ini melayani kegiatan akademik praktikum Mikroprosesor dan Mikrokontroller, yang masing-masing memiliki modul percobaan sebagai berikut:

Mikroposesor: Pengenalan Sistem Mikroprosesor dan Pemrograman Internal Register, Programmable Peripheral Interface (PPI 8255), Address Decoder, Interupt

Mikrokontroler: Pengenalan Mikrokontroler dan Sistem Minimum, Pengenalan Althium dan Perancangannya, Pengenalan dan Latihan Penggunaan Sensor, Tugas Besar

 

Laboratorium Automasi Industri

Laboratorium ini memiliki visi untuk unggul dan terkemuka sebagai laboratorium berstandar internasional yang berwawasan di bidang automasi dengan misi Meningkatkan layanan laboratorium terpadu sebagai pusat kegiatan penunjang akademik/praktikum, penelitian dan pelayanan publik/pengujian bidang automasi, meningkatkan kualitas sistem manajemen laboratorium terpadu berbasis kinerja untuk mencapai tri dharma perguruan tinggi.

Kegiatan riset yang telah dilakukan, diantaranya tugas akhir dengan topik Networked Control Systems, Internet of Things, pelatihan PLC dan keikutsertaan dalam lomba dsb.

Laboratorium Biospin

Visi dari aboratorium riset ini adalah menjadi laboratorium yang unggul di bidang elektronika biomedis dan agen perubahan dalam pembentukan mahasiswa yang cerdas dan kompetitif melalui visi menyelenggarakan riset bertaraf nasional dan internasional, menyelenggarakan praktikum bertaraf internasional dan menyelenggarakan pengabdian masyarakat dan secara aktif membangun sinergi dengan industri atau institusi dalam dan luar negeri

Topik riset dan pelatihan yang telah dilaksanakan diantaranya:

  • Monitoring EKG, Infus, Suhu menggunakan Lab View
  • Klasifikasi Tingkat Keparahan Diabetes Reinopati Menggunakan Klasifikasi KNN
  • Deteksi Emosi dengan Sinyal EKG
  • Deteksi Dini Tingkat Cedera Hamstring dengan EMG Tampilan Lab View
  • Rompi Deteksi untuk Tuna Netra

 

Laboratorium INACOS

Information and Autonomous Control System (INACOS) laboratory adalah sebuah wadah research terpadu antara dosen dengan mahasiswa Teknik elektro. Laboratorium ini berada di bawah Kelompok Keahlian (KK) Sistem Elektronik (SE) dan bertempat di gedung N ruang N101. Secara umum INACOS memiliki tiga buah konsentrasi riset yaitu di bidang robotika, energy terbaharukan, serta mobil listrik yang akan dilanjutkan pada bagian selanjutnya.

Tidak seperti lab lain yang berbasis praktikum serta riset yang hanya sekedar mencari “how to” serta desain produk, INACOS memiliki target untuk membuat produk riset yang diharapkan matang dan dapat bersaing dengan industry local maupun internasional. Sebagai wujud nyata, INACOS tak segan menggandeng pelaku industry untuk menyumbangkan ide serta bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan industry yang terkait dengan bidang riset lab ini.

Sebagai bagian dari dunia akademik di kampus Universitas Telkom, INACOS juga memiliki target untuk membuat dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk paper yang akan dipresentasikan dalam seminar local dan internasional serta jurnal yang terkait. Dengan adanya publikasi ilmiah diharapkan akan mengundang partisipasi dan kerjasama dari kalangan akademisi lintas kampus baik dalam dan luar negri sehingga akan semakin memperluas jaringan riset yang tentu saja akan menambah khasanah dan ide riset yang semakin mutakhir.

Tentunya implementasi riset di dunia industry serta perluasan jaringan riset antar kampus adalah suatu keniscayaan untuk meningkatkan kualitas riset. Hal tersebut tentu saja akan semakin menempatkan nama INACOS pada khususnya dan Universitas Telkom pada umumnya di benak pelaku industry dan akademik sebagai salah satu “center of excellent” di bidangnya. Dan yang terpenting hal tersebut dapat dengan sekaligus mewujudkan misi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan serta pengabdian masyarakat yang berbasis pada riset yang tepat guna.

Bagi mahasiswa, INACOS adalah sebuah laboratorium yang mewadahi ide, kreativitas, serta rasa keingintahuan yang besar dalam rangka mengaplikasikan ilmu yang telah mereka serap selama masa perkuliahan mereka. Kerjasama dengan pelaku industry tentu saja akan membuat mereka semakin matang dan paham bagaimana proses kerja dalam dunia industry. Secara tidak langsung INACOS menjadi kawah candradimuka yang mempersiapkan mahasiswa untuk terjun di dunia industry dengan bekal ilmu, skill riset, serta semangat yang tinggi untuk menjadi solusi atas permasalahan yang harus mereka hadapi.

Melihat fungsi serta keberadaannya yang cukup penting dan strategis bagi pengembangan potensi dosen, mahasiswa serta kampus pada umumnya, maka laboratorium INACOS mengharapkan partisipasi serta bantuan dari pihak jajaran pimpinan kampus baik berupa dukungan moriil serta materiil. Tentunya dukungan tersebut akan dimanfaatkan dan dipertanggungjawabkan sepenuhnya demi kemajuan dunia riset serta bentuk pengabdian kepada masyarakat dan juga bagi civitas academica sendiri.

Area Riset

Penelitian yang dilakukan di INACOS Lab. Dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu :

  1. Robotics, information and autonomous control system
  2. Renewable Energy
  3. Electric Car

 

  1. Robotics

Robotics merupakan bidang ilmu yang trend penelitian cenderung naik dari tahun ke tahun. Dalam bidang ini, INACOS secara khusus menginvestigasi control antara actuator dan sensor serta pemetaan dan pencarian posisi objek serta lokasi.

 

Information and Autonomous Control System

Dalam dunia kontrol dan otomasi, pengolahan informasi merupakan hal yang tak boleh dinafikan. Input internal dari pelbagai sensor dalam sistem serta eksternal dari sistem lain yang terhubung dengan jaringan kontrol haruslah disinkronkan dan diolah hingga keseluruhan sistem dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

  1. Renewable Energy

Energy merupakan komponen penting yang semakin lama semakin langka didapatkan. Pertambahan jumlah penduduk dan kemajuan teknologi mensyaratkan dukungan energy yang cukup untuk menjaga kelangsungannya. Dalam hal ini INACOS fokus menggali ide dalam hal konversi, pemanfaatan dan optimalisasi energy yang tersedia di alam baik itu, angin, air, udara, serta potensi lainnya

  1. Electric Car

Keterbatasan minyak bumi membuat produsen mobil mulai berpikir untuk mencari bahan bakar alternative yang mudah didapatkan. Di antara sekian banyak opsi, listrik merupakan salah satu kandidat yang kuat dan menjanjikan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Dengan menjajaki riset ini INACOS bias menjadi solusi bagi peradaban manusia di masa depan yang membutuhkan kendaraaan yang handal, murah, serta ramah lingkungan