Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Logika Dasar Informatika untuk SMPN 2 Bandung

Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Logika Dasar Informatika untuk SMPN 2 Bandung

SMPN 2 Bandung adalah salah satu sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Kota Bandung. SMPN 2 Bandung berlokasi di Jalan Sumatra no. 42, Kecamatan Sumurbandung, Kota Bandung. SMPN 2 Bandung memasukan kurikulum informatika dalam pembelajaran kelas VII, VIII dan IX. Salah satu kendala yang pihak guru hadapi adalah belum adanya materi bidang informatika yang cocok untuk diajarkan kepada anak kelas VII. Selain itu, faktor lainnya adalah banyaknya guru di SMPN 2 Bandung ini yang rata‐rata secara demografis masuk generasi baby boomers dan generasi X yang bertolak belakang dengan siswa‐siswanya yang masuk generasi Z dan Alfa. Permasalahan tersebut semakin terasa di masa pandemi Covid‐19 ini, dimana seluruh proses pendidikan dan pembelajaran harus berjalan dalam jaringan (daring) menggunakan berbagai macam media pembelajaran. 

Tim dosen dari Kelompok Keahlian Software Engineering, Fakultas Informatika melihat hal tersebut sebagai suatu peluang untuk dapat melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat untuk SMPN 2 Bandung. Tim dosen Kelompok Keahlian Software Engineering yang terdiri atas Dawam Dwi Jatmiko Suwawi dan Yanuar Firdaus Arie Wibowo kemudian mencoba menyusun suatu kurikulum pelatihan berupa pengenalan algoritma bagi kelas 7 SMPN 2 Bandung. Pengabdian kepada Masyarakat tersebut turut melibatkan mahasiswa yang sedang mengambil Mata Kuliah Informatika untuk Masyarakat, Program Studi Sarjana Informatika. Tim mahasiswa tersebut terdiri atas Daniel Pitters Smith, Admiral Rizki, Ryan Aditya, Muhammad Hafidz Fadillah Adha, Aldiansyah Eva Saputra, dan Shamgar Otherson.

Pelatihan diselenggarakan secara daring melalui Microsoft Teams pada tanggal 12 dan 17 November 2020 sesuai ketersediaan waktu dari pihak sekolah. Materi yang diberikan mencakup pembelajaran algoritma dengan membuat kode sederhana, menyelesaikan permainan logika balok Minecraft, serta click and drag code. Materi disadur dari situs code.org yang merupakan suatu organisasi nirlaba yang fokus bergerak menyebarkan akses ilmu komputer di sekolah. 

Penyelenggaraan program pengabdian kepada masyarakat ini dinilai sangat positif oleh peserta pelatihan. Terbukti dengan hasil kuisioner yang menyatakan bahwa 100% responden sepakat bahwa pelaksanaan pelatihan ini sudah sesuai dengan tujuan pelatihan yang telah ditetapkan serta sesuai dengan kebutuhan siswa kelas VII SMP N 2 Bandung. Selain itu, evaluasi melalui kusioner juga menyatakan bahwa tim Abdimas memuaskan selama pelaksanaan kegiatan serta responden mengharapkan akan adanya lanjutan dari kegiatan Abdimas di SMPN 2 Bandung tersebut.

Gambar 1 Tampilan materi pelatihan pengenalan algoritma
Gambar 2 Tampilan materi pelatihan ketika menyelesaikan permainan logika pemrograman menggunakan Minecraft
Gambar 3 Sebagian peserta pelatihan dari siswa kelas 7 SMPN 2 Bandung